Tiga Amal Penolak Kesulitan & Kesusahan


Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Barangsiapa dikaruniai allah kenikmatan hendaklah dia bertahmid (memuji) kepada Allah (ALHAMDULILLAH), dan barang siapa mersa diperlambat rizkinya hendaklah dia beristigfar kepada Allah (ASTAGFIRULLAH). Barang siapa dilanda kesulitan dalam suatu masalah hendaklah dia mengucap (LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAABILLA HIL’ALIYYIL’ ADZIM). (tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang maha tinggi lagi maha agung). (HR. Al-Baihaqi dan Al-Rabii)
Hadits diatas menjelaskan:

1.      Bila mana kita mendapatkan nikmat dari Allah maka kita hendaknya memujinya dengan bacaan Alhamdulillah sebagai tanda syukur kita atas rahmat yang ia berikan kepada kita.
2.      Bila rizki kita terasa jauh maka hendaklah kita mengucap Istigfar kepada Allah. Karna hanya kepadanyalah kita meminta pertolongan.
3.      Bila kita dilanda kesilitan  dan masalah dianjurkan kita mengucap LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLAABILLA HIL’ALIYYIL’ ADZIM.
Tapi tak jarang dari kita bila mendapat nikmat, bukannya bersyukur tapi malah lupa diri karna merasa kalau apa yang ia dapat merupakan hasil dari keringatnya sendiri tanpa sadar kalau itu semua pemberian dari sang pencipta yaitu allahswt. Dikala kita mendapat kesuliltan atau cobaan kita juga melupakannya. Tanpa kita ketahui kalu dia adalah penolong sejati bagi yang mengingatnya.
Untuk itu, mari kita jangan putus dari dzikrulloh, tak ada yg bisa menentramkan, memberi kemudahan, melindungi, mencukupi lahir bathin kita selain Dia Yang Maha Baik dan Maha Kuasa atas segala-galanya

0 comments:

Post a Comment