Kandungan surat Al-Patihah



Beberapa hari yang lalu saya sudah mengepostkan tentang  Keutamaan Surat Al-Ikhlas, Al-falaq dan An-Nass, dan INDAHNYA MEMBACA AL-FATIHAH kali ini saya akan memberikan sedikit tentang kandungan surat al- fatihah.

surat Al-Fatihah merupakan surat yang diturunkan di kota makkah dan terdiri atas 7 ayat. Surat ini adalah surat pertama yang diturunkan secara lengkap diantara surat surat yang ada dalam al-qur'an dan termasuk golongan surat Makkiyah.

Surat ini disebut al-fatihah (pembuka), karena dengan surat inilah dibuka dan dimulainya al-qur'an. Disamping nama tersebut, surat ini dinamakan pula ummul qur'an (induk al-qur'an) atau ummul kitab (induk kitab), karena ia merupakan induk dari semua isi al-qur'an, dan karenanya surat tersebut wajib dibaca pada tiap tiap shalat. Dan dinamakan pula dengan as-sab'ul matsani (tujuh yang berulang ulang), karena jumlah ayatnya tujuh dan di baca berulang ulang dalam shalat.
Surat ini mengandung unsur pokok yang mencerminkan seluruh isi al-qur'an, yaitu: keimanan, hukum hukum, dan kisah kisah.Artikel terkait  klick disini:

demikian isi dari kandungan surat al-fatihah ini, semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment