KEUTAMAAN BERSEDEKAH.



Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 267
Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari HASIL USAHAMU YANG BAIK-BAIK dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan JANGANLAH KAMU MEMILIH YANG BURUK-BURUK lalu kamu nafkahkan dari padanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.
“Barang siapa yang memberi pinjaman kepada allah dengan pinjaman yang baik (saling memberi kepada sesama) , maka allah akan melipatgandakan balasannya dan baginya pahala yang mulia”
(QS. Alhadid 57:11)

Dua ayat di atas telah menjelaskan bahwa allah telah menyerukan kepada umatnya untuk bersedekah atau saling memberi kepada sesama beserta ganjaran bila kita menjalankan perintah allah tersebut.
Allah tidak mungkin berbohong dengan apa yang telah dikatakannya. Oleh karena itu tidakkah kita percaya dengan kata-katanya. Sungguh dosa besar bila kita tidak percaya terhadap perkataannya. Dan ingatlah kalau allah itu maha menepati janji, tidak seperti manusia ciptaannya yang suka berbohong. Bahkan tidak jarang dia berbohong kepada sang penciptanya.
“tidak akan pernah berkurang harta yang di sedekahkan kecuali bertambah... tambah... tambah..” (HR At  Tirmizi).

“Kamu tidak akan memproleh kebajikan (kesuksesan yang sempurna) kecuali kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai” (QS. Ali Imran 3:39)

Sedangkan menurut surat ali imran di atas mnerangkan bila mana kita tidak menafkahkan sebagian harta yang kita miliki atau cintai. Maka sungguh tidak berartilah harta yang kita cintai dan kita miliki itu.
Untuk itu bagi kita yang ingin memperoleh kesuksesan yang sempurna jangan takut untuk mengeluarkan sebagian harta yang dimiliki.
Alquran > Surah Al Baqarah> Ayat 274
Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.
“Dan allah senantiasa memberi pertolongan kepada hambanya selama ia menolong saudaranya” (HR. Muslim)
Pada surat al baqarah dan hadis yang di riwayatkan oleh muslim diatas, menjelaskan bila kita menafkahkan harta kita maka allah senantiasa menjaga kita dan memberi pertolongan kepada kita.

Allah sendiri telah menjanjikan, jika manusia mau bersedekah, maka Allah pasti akan menggantinya dengan jumlah minimal 10 (sepuluh) kali lipat. Dan, ini ada dasar hukumnya, yaitu tertulis di dalam Al-Qur'an Surat: 6, Ayat: 160, dimana Allah menjanjikan balasan 10 x lipat bagi mereka yang mau berbuat baik. Bahkan di dalam Al-Qur'an Surat: 2, Ayat: 261, Allah menjanjikan balasan sampai 700 x lipat.
maka janganlah takut untuk membagi sebagian rizki yang kita dapat kepada sesama, karna semuanya pasti akan diganti oleh Allah.


0 comments:

Post a Comment